Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha
itu adalah dhuhamu, keagungan itu merupakan keagunganmu, keindahan itu
merupakan keindahanmu, kekuatan itu adalah kekuatanmu, kekuasaan itu adalah
kekuasaanmu”, dan penjagaan-penjagaan adalah penjagaanmu………”.
itulah bunyi
penggalan do’a Peserta Didik SMK KESEHATAN MEDIKA FARMA JEMBER putra Bangsa
yang dibimbing oleh para guru setelah pelaksanaan Sholat dhuha. Kegiatan Sholat
dhuha ini dilaksanakan dimulai sebelun memulai pembelajaran yaitu 07.45 WIB.
Dilanjutkan dengan kegiatan Literasi selama 15 menit sebelum kegiatan
pembelajaran dimulai.
Program kegiatan pembiasaan sholat dhuha di SMK
KESEHATAN MEDIKA FARMA JEMBER didukung oleh Kepala sekolah dan dewan guru dan
karyawan. Hal ini dilaksanakan dalam rangka merealisasikan visi sekolah
yakni “Terbentuknya Generasi Religius, Berkarakter, intelek dan berakhlakul
karimah yang baik”.
Beberapa hal
dasar yang menjadi pertimbangan terlaksananya kegiatan ini agar sekolah dapat
mengenalkan dan menerapkan pembiasaan dalam melaksanakan salah satu sholat
sunnah, khususnya sholat sunnah dhuha dengan bimbingan para guru. dan secara
tidak langsung menjadikan amalan dan pahala yang tidak putus bagi yang telah
mengajarkan dan mendidiknya.
Dengan
demikian sedikitnya sekolah telah ikut melaksanakan program pemerintah tentang
PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) meskipun seharusnya program PPK ini menyatu
dengan penerapan kurikulum 2013.
Program
Sholat Dhuha berjamaah telah dipertimbangkan secara matang dan sudah disepakati
bersama dengan dukungan dan komitmen dari Tim Manajemen Sekolah, dewan guru dan
Orang tua siswa. Rasa haru tak terkira saat para Peserta didik didampingi para
guru berdiri bersiap untuk sholat. Rasa bahagia yang begitu tulus, telah
mendekatkan para siswa-siswa kepada Sang Pencipta-Nya. Sesaat itu, suasana
seperti berada di pondok pesantren.
Ternyata suasana seperti ini bisa memberikan aura/energy positif
bagi semua yang ada di lingkungan sekolah. Baik bagi para guru-guru, seluruh
karyawan dan khususnya para Peserta Didik. Dengan demikian diharapkan ada
semangat baru bagi para peserta didik untuk menghadapi kegiatan pembelajaran.
Mereka lebih siap menerima ilmu yang baru. Hati dan fikiran Peserta Didik
diharapkan lebih terbuka dalam menerima perubahan. Semua itu efek dari
dahsyatnya do’a-do’a yang dipanjatkan setelah sholat dhuha.
Banyak hal yang di dapat dari program ini. Selain
sebagai pengembangan karakter pada aspek religius, bisa dijadikan
juga dalam pengembangan karakter aspek gotong royong dimana
peserta didik sebelum dan sesudah shalat menyiapkan dan membereskan kembali
sarana yang telah digunakan saat shalat tanpa disuruh oleh guru. Bisa jadi
masih banyak karakter-karakter positif yang bisa dibangun dari program ini.
Semoga
program ini bisa menjadi penyemangat dalam diri kita agar terus dapat menjadi
insan yang berakhlak baik dan santun.